Peningkatan SDM Pengelola Homestay, Meningkatkan Lengt Of Stay Wisatawan

GemilangNews,MAGELANG – Kehadiran internet kini sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia. Dan hal tersebut sudah menjadi penanda transformasi digital di era globalisasi. Untuk itu, peningkatan kapasitas pelaku pariwisata terutama pengelola homestay menjadi sangat penting guna bersaing di pasar global yang semakin ketat.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Magelang saat membukan kegiatan Pelatihan Pengelola Homestay di Atria Hotel Magelang, Selasa 13/09/2022.

“ Kepariwisataan Indonesia dikembangkan untuk mendorong kegiatan ekonomi dan meningkatkan citra Indonesia. Hal tersebut perlu memperhatikan indeks daya saing yang bertumpu pada 14 pilar diantaranya adalah kesiapan dan dukungan teknologi informasi digital,” kata Husein.

Menurut Husein, Pengelola Homestay dapat memiliki kemampuan dan kompetensi di bidang pengelolaan Homestay yang baik dengan mengutamakan keindahan, kebersihan dan kenyamanan konsumen. Sehingga dapat bersaing secara global.

“ Penggunaan sarana media digital untuk pencitraan positif untuk meningkatkan minat dan motivasi berkunjung ke homestay perlu dilakukan secara maksimal,” lanjutnya.

Kegiatan yang diikuti oleh sekitar 40 pengelola homestay di Kabupaten Magelang tersebut dilaksanakan selama 3 hari dengan mendatangkan pemateri yang sudah berkompeten dalam bidang masing-masing.

“Kemampuan pengelola homestay untuk menangkap peluang datangnya wisatawan di Kabupaten Magelang harus terus dikembangkan. Mengingat dengan hadirnya Bandara Baru YIA dan Tol yang melewati Kabupaten Magelang, berpeluang mendatangkan wisatawan yang luar biasa,” imbuhnya.

Husein berharap, akses keluar masuk Kabupaten Magelang yang semakin dipermudah, jangan sampai tidak dimanfaatkan dengan baik oleh pelaku wisata, sehingga menyebabkan wisatawan yang datang di Kabupaten Magelang tidak memiliki lengt of stay yang lama.

“ Pengelolaan yang baik, dan peningkatan SDM pengelola homestay harus selalu ditingkatkan. Jangan sampai wisatawan di Kabupaten Magelang hanya sehari saja. Itu akan merugikan,” pesannya.(Dw)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *