GemilangNews,MAGELANG – Tim gabungan yang terdiri dari Bawaslu Kabupaten Magelang, Satpol PP, kepolisian, TNI, dishub, maupun KPU malakukan aksi simpatik penurunan APK dan pelepasan bahan kampanye. Hal tersebut dilakukan sebagai tindak lanjut dari bergulirnya masa tenang Pemilu 2024 pada Minggu 11/02/2024.

Dalam kegiatan itu, tim gabungan melakukan pencopotan alat peraga kampanye (APK) maupun bahan kampanye. Bawaslu pun telah menyiapkan 26 titik untuk menampung sampah tersebut.

“Aksi ini kita gelar sejak kemarin (Sabtu, Red),” kata Ketua Bawaslu Kabupaten Magelang, M Habib Shaleh

Dari laporan yang diterima Bawaslu, sudah banyak APK dan bahan kampanye yang sudah diturunkan. Hal itu tentunya menjadi kabar baik karena turut meringankan tugasnya.

” (Penurunan APK dan bahan kampanye) sudah disosialisasikan kepada pimpinan partai politik (parpol), tim kampanye, tim sukses, relawan, simpatisan, dan termasuk vendor. Sebab banyak calon anggota legislatif (caleg) yang memasang APK dengan menggunakan jasa vendor,” kata Habib

Meski begitu, APK dan bahan kampanye masih terbilang sangat banyak. Terutama di jalan protokol. Bawaslu pun bergerak serentak dari tingkat kabupaten hingga desa maupun TPS untuk menurunkan APK tersebut. Bawaslu sudah membagi lima tim yang nanti akan bergerak di jalan-jalan protokol.

“Kemudian panwascam dan panwasdes akan bergerak di jalan-jalan kecamatan dan desa,” kata Habib.

Habib menyebut, telah menyiapkan beberapa armada untuk mengangkut APK dan bahan kampanye. Nantinya, seluruh APK itu akan disimpan di kantor bawaslu maupun kantor panwascam dan panwasdes.

Masing-masing parpol, lanjut dia, diberi waktu hingga satu hari sebelum pencoblosan untuk mengambil APK dan bahan kampanye yang diturunkan. Kemudian, bawaslu akan membuat berita acara.

“Ada 26 titik yang kami siapkan (untuk menampung APK dan bahan kampanye),” paparnya.

Targetnya, penurunan ini dapat diselesaikan dalam satu hari. Tapi, jika tidak bisa, akan dilaksanakan hingga satu hari menjelang pencoblosan.

“Hari ini kami upayakan selesai agar besok bisa fokus distribusi logistik, pembentukan TPS, dan lainnya,” imbuhnya.(Dharma)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
1
Kita lagi ada Program Acara keren sekarang. Gabung yuk lewat WhatsApp!