Warga Podosuko, Rayakan Hari Jadi Pasar Podosuko Ke – 28

GemilangNews,MAGELANG – Hari Jadi yang ke- 28 Pasar Desa Podosuko, Kecamatan Sawangan digelar cukup meriah. Yang menjadikan kemeriahan ini semakin seru yakni dengan digelarnya Kirab Gunungan Sayuran dan Jajanan Pasar, Minggu 18/09/2022

Kepala Desa Podosuko Tuban Subagyo menjelaskan bahwa pada tanggal 15 September 1994 Pasar Podosuko secara resmi didirikan.

”Dimana dulu pasar ini diperjuangkan oleh sesepuh sesepuh kami dahulu yang awalnya berada di Dusun Bulu Kidul dan berpindah ditanah kas desa saat ini dengan harapan supaya para pedangang bisa menjual daganganya dan bertransaksi dipasar ini,” kata Tuban

Lebih Lanjut Tuban mengatakan ,untuk mempermudah masyarakat Desa Podosuko berdagang dan bertransaksi maka Pasar Desa Podosuko didirikan.

”Kita berpikir bahwa di area Desa Podosuko jauh dari pasar. Misalnya Pasar Muntilan hal itulah kita bisa menjaga dan melestarikan Pasar Podosuko untuk sarana pedagang pedagang dipodosuko supaya tidak terlalu jauh atau ada sesuatu yang mau dibeli tidak jauh,” lanjutnya.

Sementara itu Ketua Bumdes Podosuko sekaligus panitia kegiatan Haryono menambahkan bahwa kegiatan ini adalah bentuk rasa syukur masyarakat karena Pasar Podosuko ini sudah berdiri selama 28 tahun.

”Yang dulu diresmikan oleh bapak bupati magelang bapak Kardi , dan ini yang pertama diadakan hari jadi ini dengan harapan nguri-uri budaya dan sebuah doa supaya pasar ini punya daya tarik, lebih maju dan diminati oleh masyarakat,” kata Haryono.

Dalam kirab tumpeng tersebut diikuti oleh perwakilan warga, Bumdes dan pedagang pasar Podosuko. Selain itu juga turut menghadirkan berbagai kegiatan seperti Karnaval Budaya), Potong Tumpeng, Fashion Show dan pentas seni Soreng anak-anak.(Dk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *