GemilangNews,MAGELANG – Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) merupakan kolaborasi antara TNI bersama pemerintah daerah sebagai upaya percepatan terobosan pembangunan di daerah serta sebagai langkah peningkatan infrastruktur dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dengan tema “Sinergi Lintas Sektoral Mewujudkan Kemanunggalan TNI – Rakyat Semakin Kuat”, program TMMD ke-117 yang dilaksanakan oleh Kodam IV/Diponegoro ini berlokasi di Dusun Petung Lemut, Desa Ngepanrejo, Kecamatan Bandongan sejak 12 Juli 2023 hingga 10 Agustus 2023. Dalam amanat Panglima Kodam IV/Diponegoro, Mayor Jenderal TNI Widi Prasetijono saat penutupan TMMD Sengkuyung Tahap II TA 2023 di Kantor Kecamatan Bandongan, Kamis (10/06/2023) yang dibacakan oleh Dandim 0705/Magelang Letkol Inf. Jarot Susanto, S.H., M.Si menyampaikan bahwa Program TMMD merupakan salah satu upaya TNI dalam memperkuat ketahanan masyarakat.

“ Program TMMD ini merupakan wujud kepedulian Kodam IV/Diponegoro untuk meningkatkan semangat kebersamaan dan gotong royong serta kemanunggalan antara TNI dan rakyat dalam mengakselerasi program pemerintah yang sangat dibutuhkan masyarakat sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan bersama,” tuturnya.

Panglima Kodam IV/Diponegoro merasa bangga dan berterimakasih atas kerjasama dan kerja keras antara anggota TNI-Polri, Pemda dan masyarakat sehingga sasaran kegiatan TMMD dapat tercapai. Lebih lanjut, Pangdam berpesan untuk terus memelihara semangat kebersamaan dan kemanunggalan antara TNI-Rakyat.

“ Jangan mudah terhasut dan terprovokasi. Pelihara terus semangat gotong royong sebagai warisan budaya bangsa yang sudah terbina dengan baik selama ini. Pelihara juga hasil program TMMD, agar manfaatnya dapat dinikmati oleh warga masyarakat dalam kurun waktu yang cukup panjang,” pesannya.

Sementara itu dalam laporan kegiatannya, Danramil 10/Candimulyo Kodim 0705/Magelang Lettu Arm Suyanta yang merupakan perwira koordinator TMMD mengungkapkan sasaran TMMD tidak hanya sasaran fisik saja, namun juga sasaran non fisik yaitu melalui berbagai macam penyuluhan seperti penyuluhan bela negara, wawasan kebangsaan, kamtibmas, narkoba, penyuluhan kesehatan dan sunat massal yang bertujuan untuk menambah ilmu dan wawasan maupun keterampilan masyarakat.

“Sasaran fisik berupa kegiatan pembangunan cor blok jalan sepanjang 266 meter, lebar 2 meter dan tebal 0.12 meter dan pembangunan talud senderan sepanjang 20 meter. Kami juga melakukan rehab satu rumah tidak layak huni,” ungkapnya.

Disampaikan Suyanta, program TMMD kali ini melibatkan anggota Kodim 07/05 magelang, instansi terkait, dan masyarakat sekitar dengan total anggaran Rp301.000.000. Dirinya berharap program TMMD mampu meningkatkan perekonomian masyarakat danmemperlancar arus transportasi antar desa dan antar kecamatan serta mencegah terjadinya tanah longsor. Turut hadir pada kegiatan ini Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang, Adi Waryanto dan Forkopimda Kabupaten Magelang.(Elma)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
1
Kita lagi ada Program Acara keren sekarang. Gabung yuk lewat WhatsApp!