Perhelatan G20 Digelar, Berkah Untuk Pengelola Homestay

GemilangNews,BOROBUDUR – Pelaksanaan event internasional Group of Twenty atau G20 yang digelar di kawasan Candi Borobudur, Kabupaten Magelang pada 11-13 September 2022 membawa rezeki tersendiri bagi masyarakat,  khususnya bagi warga pengelola homestay.

Selama kurang lebih sepekan perhelatan tersebut digelar, acara tersebut telah memberikan dampak yang signifigan untuk homestay dan penginapan yaitu dengan banyaknya tamu yang longstay, terutama untuk crew yang bertugas untuk menyiapkan sarana dan prasarana acara.

Mereka datang h-3 dan pulang h+2 setelah jadwal acara mereka terlaksana, dan selain itu, ada juga penonton yang menginap di homesaty selama satu atau dua malam.

“Bukan hanya hotel saja, kami di kampung homstay juga full booked selama perhelatan ini berlangsung,” kata Muslich, Ketua Paguyuban Kampung Homestay Borobudur, Selasa 13/09/2022 siang.

Menurut Muslich, banyak sekali yang menelpon untuk memesan kamar, padahal homestay sudah dalam kondisi penuh. Sehingga dirinya memberikan lain, yaitu homestay yang berada di luar paguyuban. Menurutnya, seperti itulah Muslich untuk mengantisipasi tamu yang ingin menginap tetapi homestay pada saat penuh.

Ia juga menambahkan, banyak wisatawan yang terpaksa harus menginap di hotel maupun homestay yang lokasinya agak jauh dengan Candi Borobudur, dikarenakan di Kampung homestay sudah penuh. Sebagiam besar wisatawan memilih Kampung homestay sebagai pilihan menginap karena letaknya yang relative dekat dengan Candi Borobudur.

“ Ketika jarak penginapan dekat dengan Candi Borobudur, maka akses untuk menuju kesana lebih mudah. Kami selaku pengelola kampung homestay mengucapkan terimakasih untuk terselenggaranya acara G20 di Candi Borobudur”, lanjutnya.

Muslih mengatakan, Dengan adanya perhelatan ini, sangat membantu dirinya dan pengelola homestay yang lain menambah pundi-pundi penghasilan daripada hari-hari biasa.

“Alhamdulillah tadi kami juga sempat menghubungi pengelola hotel dan phomestay yang lain. Sebagian besar mereka mengatakan jika kamarnya penuh,” ungkapnya.(Rizka/Pungki)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *