Pengguna Layanan Call Center 112 Kabupaten Magelang Terus Meningkat

GemilangNews,MAGELANG – Kabid Statistik dan Persandian pada Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Magelang, Siti Darojah mengungkapkan pengguna layanan Call Center 112 Kabupaten Magelang  mengalami peningkatan yang cukup signifikan dalam kurun waktu hampir 3 tahun terakhir.

Menurutnya, pengguna layanan Call Center 112 Kabupaten Magelang ini mengalami peningkatan laporan terkait berbagai masalah yang ada di masyarakat. Selain itu Call Center 112 saat ini juga telah menambahkan layanan informasi terkait kondisi lalu lintas dan cuaca melalui pantauan CCTV berkolaborasi dengan LPPL Gemilang FM yang dilaporkan tiga kali sehari.

“Masyarakat yang menghubungi Call Center 112 saat ini bisa mencapai 3-5 laporan setiap hari. Apalagi saat ini masuk musim penghujan banyak kejadian pohon roboh, listrik padam dan bencana tanah longsor dan permintaan ambulans untuk kecelakaan,” ungkap Siti Darojah di kantornya, Senin (24/10/22).

Sejumlah laporan masyarakat ke Call Center 112 Kabupaten Magelang pada bulan Agustus-Oktober diantaranya kecelakaan 20 insiden, pengaduan PLN 12 laporan, sertifikat vaksin Covid-19 4 laporan, evakuasi hewan liar sepeti sarang tawon 3 laporan, penerangan jalan umum 3 laporan, pengaduan PDAM 2 laporan, dan penipuan sebanyak 2 laporan.

Siti mengatakan, untuk tahun ini pihaknya juga kembali menggiatkan sosialisasi terkait pelayanan Call Center 112 Kabupaten Magelang di desa-desa. Di bulan November ini ada 12 titik yang akan dilakukan sosialisasi tentang Call Center 112.

“Untuk pemanfaatan layanan 112, masyarakat sangat antusias karena mereka hanya mengingat satu nomor itu. Harapannya semua kedaruratan bisa kita tampung di 112 dan ditindaklanjuti,” katanya.

Meski demikian, pelayanan Call Center 112 ini masih memiliki kendala terkait tersedianya ‘sinyal’ untuk komunikasi. Contohnya seperti di wilayah Kecamatan Salaman operator XL masih belum bisa

“Jadi perwilayah itu operatornya yang bisa connect ke kita, kadang tidak semua bisa,” jelasnya.

Kendati demikian, terkait problem tersebut Diskominfo Kabupaten Magelang telah melakukan upaya komunikasi dengan vendor 112 agar berkomunikasi dengan operator seluler untuk penambahan tower dan sebagainya guna memperkuat sinyal operator terkait.

Untuk diketahui, layanan Call Center 112 Kabupaten Magelang sendiri merupakan layanan masyarakat yang menangani segala laporan kegawatdaruratan.

Kejadian darurat yang dimaksud antara lain, seperti kebakaran, bencana alam, kecelakaan hingga ancaman binatang buas. Masyarakat tinggal menelepon/menghubungi nomor 112 secara gratis baik menggunakan telepon rumah maupun seluler, serta dari operator apa saja tanpa perlu menggunakan kode area.

Sumber : beritamagelang.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *