GemilangNews,MAGELANG – Lereng sebelah sisi barat Gunung Andong pada Kamis 10/08/2023 pukul 13.00 wib.

Peristiwa tersebut pertama kali diketahui oleh warga yang berada di Desa Jogoyasan Kecamatan Ngablak. Menurut asesmen dari BPBD Kabupaten Magelang dan Tim Gabungan, api membakar vegetasi rumput alang – alang dan pohon keras.

” Lokasinya masuk Dusun Twmu Kidul Desa Jogoyasan Kecamatan Ngablak. Untuk luas lahan yang terbakar saat ini masih dalam penghitungan,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Magelang, Edi Wasono saat dihubungi Radio Gemilang

Edi menjelaskan, pihaknya bersama Perhutani, Polsek dan instansi terkait pada pukul 15.00 wib melaksanakan upaya pemadaman secara manual. Namun karena kondisi angin yang cukup kencang dan lereng yang terjal menjadi kendala tim gabungan.

” Sampai dengan sore, beberapa kepulan asap titik api masih terlihat di lereng gunung sisi sebelah barat tepatnya di bawah Puncak Ala-Alap,” lanjutnya.

Menurut Edi, Pemadaman akan difokuskan untuk titik api yang bisa terjangkau dan mencegah perambatan api di lajur pendakian.

” Kami juga telah koordinasi dengan Perhutani dan Pemerintah Desa setempat. Mohon doanya semoga dapat segera tertangani,” pinta Edi.(Dharma)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *