Buntut Erupsi Merapi Siang Ini, Ganjar Turunkan Tim

Klik Disini Untuk Share !

GemilangNews,JATENG – Gunung Merapi erupsi pada Sabtu 11 Maret 2023 siang Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pun mengatakan tim tanggap bencana yang terdiri dari relawan,BPBD dan SAR sudah turun ke lapangan untuk pemetaan dan membantu evakuasi warga di daerah terdampak erupsi Gunung Merapi. Kebutuhan logistik termasuk masker dan tempat pengungsian juga sudah disiapkan oleh tim di lapangan

Hal tersebut disampaikan Ganjar saat ditemui sebelum melepas Presiden Jokowi ke Jakarta di Lanud Adi Soemarmo. Laporan terkahir yang diterima Ganjar hinga pukul 15.00 ada tiga daerah di Jawa Tengah yang terdampak erupsi Gunung Merapi Antara lain Kabupaten Magelang, Kabupaten Klaten dan Kabupaten Boyolali.

“Sampai dengan siang tadi mulai ada asap, terus kemudian batu-batu sudah mulai kelihatan. Saya sudah komunikasi sama beberapa kawan-kawan untuk mengecek,” kata Ganjar .

“Sampai (sore) hari ini sudah kita turunkan dari tim BPBD. Kabupaten Magelang ada tiga tim yang sudah kita terjunkan untuk menuju di tiga kecamatan sekaligus assessment di masing-masing lokasi dan membawa bantuan masker karena ini yang pertama dibutuhkan,” jelas Ganjar.

Selain itu, juga disebutkan bahwa abu vulkanik mulai turun dan berdampak ke beberapa wilayah. Hal itu ditunjukkan dari beberapa foto atau gambar yang diterima Ganjar dari tim di lapangan.

“Di Kabupaten Klaten ada satu tim yang kita dorong untuk melakukan assessment di lokasi, nanti mereka cari sesuai dengan kondisi cuaca dan angin yang terkait dengan cover abu di sana. Lalu, satu tim lagi yang ada di Boyolali. Jadi tiga titik ini sudah kita dorong ke sana. Mudah-mudahan hari ini sudah bisa tertolong masyarakat,” ungkap Ganjar.

Selain itu Ganjar juga menginstruksikan kepada tim di lapangan untuk mengutamakan keselamatan warga Apabila situasi meningkat evakuasi warga harus segera dilakukan, Kepala Daerah di Magelang,Klaten dan Boyolali juga diminta ikut turun untuk memimpin penanganan di lokasi termasuk menyiapkan logistik.

Ganjar juga mengimbau kepada masyarakat agar segera mengevakuasi diri apabila kondisi semakin parah. Ia meminta agar masyarakat mengikuti SOP yang sudah ada dan memakai masker.(Dicky)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *