Bapas 69 Gelar Pelatihan UMKM Bagi Kaum Difable

GemilangNews,MAGELANG – Sektor UMKM sepertinya menjadi salah satu sektor yang menjadi bidikan dalam pemajuan ekonomi. Untuk itu berbagai macam fasilitas dan pelatihan terus digencarkan guna mendukung kemajuan sektor UMKM.

Bank Bapas 69 sebagai mitra UMKM selalu memberikan fasilitas dan dukungan kepada pelaku UMKM di Kabupaten Magelang, termasuk kaum Difable.

” Target kami sebanyak 1000 pelaku UMKM yang mendapatkan pelatihan. Untuk hari ini memang kami khususkan memberikan pelatihan kepada pelaku UMKM dari kaum Difable,” kata Direktur Utama Bank Bapas 69, Rohmad Widodo sesaat setelah membuka kegiatan Pelatihan UMKM Bagi Kaum Difable di Kantor Pusat Bapas 69, Senin, 26/09/2022 siang.

Menurut Rohmad, jangan sampai pelaku UMKM dari kalangan Difable tersebut, mengalami penderitaan untuk yang kedua kali. Pertama penderitaan karena kondisi fisik dengan keterbatasan, dan penderitaan kedua adalah karena tidak mendapatkan kesempatan dan pelayanan yang baik.

” Temen-temen Difable ini jangan dikesampingkan. Justru malah bagaimana kita bisa membantu mereka semaksimal mungkin. Produk-produk Bank Bapas 69 banyak sekali yang mendukung pelaku UMKM dari kalangan Difable,” lanjutnya.

Salah satu fasilitas yang diberikan oleh Bank Bapas 69 adalah dengan memberikan sertifikat pelatihan, yang nantinya sertifikat tersebut dapat digunakan untuk mengajukan Kurda MABUR (Magelang Bunga Rendah).

Dijelaskan Rohmad jika KUR yang ada di tingkat nasional rata-rata memiliki bunga sebesar 6 persen. Namun dalam Program Kurda MABUR memiliki bunga hanya 3 persen.

” Kedepan kita dari Bapas 69 akan lebih memberikan fasilitas yang istimewa untuk pelaku UMKM dari kalangan Difable,” imbuhnya.

Selain itu, bersamaan dengan Bulan Inklusi Keuangan, Rohmad menjelaskan, jika mulai tanggal 1 sampai 10 Oktober 2022 untuk PPPK yang mengajukan kredit di Bapas 69, akan mendapatkan fasilitas free biaya administrasi dan profisi.

” Untuk pelaku UMKM selama bulan Oktober 2022 ini kami berikan fasilitas Kurda MABUR tersebut. Dan khusus untuk tanggal 10 Oktober 2022 semua jenis kredit itu bebas administrasi dan profisi. Sehingga nasabah di tanggal itu mendapatkan dua fasilitas sekaligus,” jelasnya.

Souvenir juga akan diberikan kepada Pelaku UMKM dan nasabah yang mengajukan kredit di tanggal 10 Oktober 2022. Dan menurut Rohmad, souvenir tersebut juga diambilkan dari pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Magelang.

” Pandemi Covid-19 yang terjadi memang menjadikan pembelajaran untuk semua termasuk pelaku UMKM agar lebih bisa menata lagi manajemen dan perencanaan yang bagus, sehingga kita dapat menghadapi segala sesuatu yang terjadi secara tiba-tiba,” pesannya.(Dw)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *