Pemandu Ekowisata Terima Pelatihan Dari Disparpora Kabupaten Magelang

GemilangNews,MAGELANG – Wisata alam menjadi menjadi tren pada beberapa tahun terakhir. Kebutuhan manusia atas udara bersih dan sehat, suasana segar dan menenangkan, serta lingkungan alami yang jauh dari polusi dan kebisingan menyebabkan lokasi-lokasi wisata alam banyak diburu oleh masyarakat. Selain itu, kesadaran akan manfaat dari kegiatan rekreasi yang tidak hanya mencari kesenangan namun juga kesehatan dan pengetahuan menjadi motivasi dan meningkatkan antusiasme masyarakat terhadap wisata alam.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga, S. Achmad Husein saat membuka kegiatan Pelatihan Pemandu Ekowisata di Grand Artos Hotel, Selasa 17/09/2022.

” Dalam hal ini, penyediaan sarana yang memadai dan pelayanan yang optimal untuk memenuhi kebutuhan pengunjung menjadi hal yang penting, salah satunya diwujudkan dalam penyediaan pemandu wisata alam yang baik,” kata Husein.

Menurutnya, seorang pemandu yang baik adalah pemandu yang memenuhi kode etik pemandu, memiliki keterampilan dan memahami obyek wisata yang berada di area wisata alam tersebut. Selain itu juga dituntut menguasai pengetahuan umum dan keterampilan-keterampilan dasar yang diperlukan dalam aktivitas di alam seperti pertolongan pertama pada kecelakaan dan etika-etika yang patut dilakukan Ketika berada di alam.

” Selain itu kemampuan “Public Speaking” yang baik harus dimiliki oleh seorang pemandu wisata, sehingga bahasa dan intonasi dalam menyampaikan pesan-pesan wisata dapat menarik hati pengunjung dan tidak membosankan,” tambahnya.

Sehingga menurut Husein, kegiatan Pelatihan Pemandu Ekowisata kali ini dapat membuka wawasan, menambah pengetahuan dan keterampilan peserta serta memperluas jaringan pemasaran dan informasi wisata bagi para masyarakat penggerak wisata di Bidang Ekowisata di Kabupaten Magelang.

” Pelatihan ini menjadi satu sarana yang menggugah, membangkitkan serta memotivasi para pelaku Pariwisata untuk dapat tumbuh dan berkembang secara optimal dalam rangka memperkuat ekonomi kerakyatan. Serta kegiatan ini sebagai media untuk memperkenalkan potensi yang ada di Daya Tarik Wisata Kabupaten Magelang,” lanjutnya.

Ketua Forum DTW Kabupaten Magelang, Edward Alfian mengatakan jika merupakan sebuah keharusan dan penting seorang pemandu Ekowisata harus menguasai Medan dan berpengalaman.

” Pemandu itu ya harus berperilaku sebagai seorang pemandu. Selain itu pengetahuan tentang produk wisata yang dia bawa harus paham betul seluk beluknya,” kata Edward

Menurutnya untuk memperlancar komunikasi dengan wisatawan pemandu juga dituntut untuk menguasai pengetahuan umum. Sehingga apapun yang diobrolkan oleh wisatawan pemandu dapat menimpali namun tidak menggurui.

” Saya berharap pelatihan dari Disparpora ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin untuk meningkatkan kapasitas para pemandu Ekowisata,” pungkasnya.(Dw)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *