Presiden Jerman Terima Cinderamata, Batik Majaksingi

GemilangNews,MAGELANG – Desa Majaksingi yang terletak di Kecamatan Borobudur merupakan salah satu desa yang memiliki banyak potensi, salah satunya adalah industri pembuatan batik. Yang membedakan Batik majaksingi dengan batik lainnya yaitu pada motif dan proses pewarnaannya yang menggunakan pewarna alami dari buah kelengkeng.

“ Batik Majaksingi ini merupakan hasil batikan kelompok Batik Majaksingi dari Desa Majaksingi, Borobudur dengan motif batik yang terinspirasi dari salah satu relief Lalitavistara,” kata Kepala Balai Konservasi Borobudur, Wiwit Kasiyati sesaat setelah mendampingi penyerahan cinderamata kepada Presiden Jerman Frank-Walter Steinmeier, Jum’at 17/06/2022 di Borobudur

Motif tersebut menurut Wiwit dikenal dengan nama Gaja Mandala. Gaja berasal dari bahasa Sanskerta yang berarti gajah. Gajah sendiri merupakan binatang yang disucikan dalam agama Buddha. Bahkan secara filosofis gajah adalah perwujudan Bodhisattwa yang memiliki lima peran utama.

” Gajah ini sebagai binatang gaib, memiliki nilai-nilai kekuasaan dan keberanian, simbol kekuatan, penjaga keseimbangan, dan mewakili sifat keagungan,” lanjutnya.

Sedangkan Mandala adalah diagram sakral yang digunakan sebagai acuan untuk membangun candi. Wiwit menjelaskan jika Mandala melambangkan alam semesta yang dikaitkan dengan dewa-dewa penjaga arah mata angin. Sementara daun Bodhi melambangkan pohon suci dimana ajaran kebaikan dan Budi pekerti di sampaikan oleh sang Budha kepada umatnya.

“ Ini hasil batik yang merupakan bagian dari kegiatan workshop aktualisasi nilai relief Candi Borobudur melalui seni kriya,” jelasnya.

Dalam kegiatan itu, Batik Majaksingi diserahkan oleh Rifa, salah satu pemandu wisata dan Tri selalu perwakilan pemilik Homestay dari Desa Candirejo, dimana keduanya adalah penerima manfaat program dukungan pariwisata berkelanjutan yang dilaksnakan Unesco Jakarta tahun 2022 ini dibawah dukungan pemerintah Jerman.(Dw)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *