GemilangNews,MAGELANG – Kabupaten Magelang mempunyai potensi pariwisata yang melimpah. Dengan latar belakang budaya yang kaya serta sebagai tempat berdirinya Candi Borobudur yang megah sebagai warisan dunia, Kabupaten Magelang menjadi daya tarik utama bagi para wisatawan. Keindahan alamnya yang menakjubkan sekaligus keberagaman atraksi wisata yang ditawarkan seperti pertunjukan kesenian, trekking, rafting, dan kuliner tradisional membuat Kabupaten Magelang menjadi destinasi yang menarik bagi wisatawan, baik lokal maupun internasional.
Dengan pembangunan infrastruktur yang terus berkembang, pembangunan jalan tol, dan lain-lain serta upaya pemerintah dalam mempromosikan potensi pariwisata Kabupaten Magelang memiliki prospek yang cerah sebagai destinasi pariwisata yang terus berkembang dan menjadi unggulan pariwisata di Indonesia.
Hal itu disampaikan oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi saat membacakan sambutan PJ Bupati Magelang dalam kegiatan Launching Logo Dan Tagline Wisata Kabupaten Magelang Tahun 2024 di Ketep Pass Kecamatan Sawangan, Selasa 06/08/2024.
“ Launching logo brand dan tagline ini tentunya untuk memperkuat brand pariwisata Kabupaten Magelang. Logo brand dan tagline sebagai identitas destinasi pariwisata Kabupaten Magelang. Kami sangat mengapresiasi kepada Disparpora Kabupaten Magelang,” katanya.
Oleh karena itu, PJ Bupati Berharap, Logo dan Tagline Wisata Kabupaten Magelang Tahun 2024 yaitu Melanglang Magelang ini tidak hanya sekadar simbol, namun juga identitas resmi Kabupaten Magelang.
“ Dengan logo dan tagline yang baik, Kabupaten Magelang dapat lebih mudah dikenal oleh para wisatawan dan calon wisatawan untuk memasarkan terutama potensi pariwisata, budaya, dan produk-produk lokal Kabupaten Magelang,” lanjutnya.
Sementara Kepala Disparpora Kabupaten Magelang, Mulyanto mengatakan sayembara Logo Brand dan Tagline Pariwisata Kabupaten Magelang diikuti oleh masyarakat umum Warga Negara Indonesia mulai tanggal 15 Maret 2024 hingga 28 Juni 2024. Peserta yang mengikuti sayembara berjumlah 137 peserta yakni 28 peserta mengikuti lomba tagline 9 peserta mengikuti lomba logo dan 100 peserta mengikuti lomba logo dan tagline.
“ Melalui sayembara ini, masyarakat lokal dan desainer diberi kesempatan untuk berkontribusi dalam memperkuat citra pariwisata Kabupaten Magelang, meningkatkan rasa memiliki, dan membangun kesadaran akan potensi pariwisata lokal. Selain itu, dengan melibatkan masyarakat dalam proses pembuatan logo dan tagline, diharapkan tercipta ikatan emosional yang lebih kuat antara mereka dengan destinasi pariwisata mereka sendiri,” kata Mulyanto.
Dirinya berharap melalui sayembara ini, diharapkan muncul ide-ide segar, kreatif dan inovatif yang dapat membantu meningkatkan daya tarik dan kompetitivitas Kabupaten Magelang sebagai tujuan wisata. Dengan demikian, sayembara desain logo dan tagline merupakan langkah strategis dalam memperkuat brand pariwisata Kabupaten Magelang
Seperti diketahui, setelah dilakukan beberapa rangkaian penjurian dari mulai seleksi administrasi, seleksi 5 besar, serta presentasi melalui zoom meeting, memperoleh pemenang lomba logo yaitu Andreans Endhi Winanto asal Kota Semarang dan lomba tagline dengan tagline “Melanglang Magelang” yaitu Widya Nuriama Firdansyah asal Kota Bandung.(Dharma)