Disparpora Gelar Pelatihan Pengenalan Dasar Kopi, Untuk Barista Di Magelang

GemilangNews,MAGELANG – Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Magelang menggelar kegiatan bertajuk Pelatihan Pengenalan Dasar Kopi Bagi Barista Di Kabupaten Magelang, Rabu 22/06/2022 bertempat di Taman Pagoda Kaliangkrik Kabupaten Magelang

Kepala Disparpora Kabupaten Magelang, Slamet Achmad Husein dalam sambutannya menyampaikan tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk meningkatkan kesejahteraan dan inovasi bagi pelaku bisnis kopi di Kabupaten Magelang.

” Menyeduh kopi memang terlihat mudah, tapi untuk menyajikan yang cita rasanya nikmat bukan perkara gampang,” kata Husein.

Untuk itu menurutnya, Wajar, seorang barista perlu sekolah terlebih dahulu bahkan harus memiliki sertifikat khusus agar bisa menyajikan kopi yang enak. Sebab menurut Husein, beberapa kegagalan bisa saja terjadi mulai dari saat proses memanen buah kopi hingga saat menyeduh.

” Proses yang tidak sesuai akan membuat cita rasa kopi jadi tak maksimal. Padahal, kopi memiliki cita rasa yang unik dan beragam terlebih kopi Kabupaten Magelang. Kita memiliki penghasil Kopi Grabag, Kaliangkrik dan masih banyak yang lainnya,” tambahnya.

Dalam kesempatan itu, Husein juga menekankan jika seorang barista adalah ikon dari coffeeshop. Untuk itu sebelum meracik kopi, ada baiknya barista memperbaiki sikap yang kurang baik agar menjadi sikap yang well-manner dan selalu dipertahankan.

” Pelajari segala sesuatu hal yang baru, dan jangan lupa selalu memperbanyak hubungan atau relasi untuk barista sendiri agar barista mendapat pengetahuan baru tentang olah mengolah kopi,” pesannya

Dalam kegiatan tersebut Disparpora Kabupaten Magelang menggandeng Barista terkenal Inggit Chandra Purnomo sebagai pemberi materi.(Dw)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *