GemilangNews,MAGELANG – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang meraih penghargaan sebagai stan paling menarik dalam gelaran Pameran dan Festival Bulan Merdeka Belajar yang diselenggarakan di Taman Aksobya, Kompleks Candi Borobudur 24-26 Mei 2024. Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka menyemarakkan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2024.

Pameran dan Festival Bulan Merdeka Belajar dibuka oleh Plh. Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat, Kemendikbudristek, Anang Ristanto. Dia menyampaikan bahwa peringatan Hari Pendidikan Nasional 2024 adalah momen penting untuk menghargai peran pendidikan dalam membangun bangsa sekaligus mengevaluasi tantangan, dan merumuskan langkah strategis menyongsong generasi emas 2045.

“Merdeka Belajar, kini telah menjadi gerakan besar dan berkelanjutan yang menjadi milik masyarakat. ⁠Tiap elemen ekosistem pendidikan dan kebudayaan kini makin berdaya. Kini guru-guru mampu menjadi pemimpin pembelajaran dengan menciptakan proses belajar-mengajar yang aman, nyaman, dan menyenangkan,” terang Anang.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, Uswatun Hasanah, menyampaikan apresiasinya dalam pelibatan para guru penggerak dari Provinsi Jawa Tengah untuk ikut serta memeriahkan Bulan Merdeka Belajar dengan menunjukkan hasil karya guru penggerak. Dia berharap momentum ini menjadi wadah berbagi ilmu bagi sesama guru-guru di provinsi Jawa Tengah.

“Sharing (berbagi) ilmu itu yang lebih penting, kalo masalah kegiatan bersama-sama ini dalam momentum apapun bisa, tetapi di sini kumpulan guru-guru yang luar biasa, akademisi yang luar biasa semuanya bisa bersinergi. Tujuannya adalah melanjutkan Merdeka Belajar itu dapat tercapai”, jelas Uswatun.

Kegiatan Pameran dan Festival Bulan Merdeka Belajar diakhiri dengan memberikan apresiasi untuk lima stan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yang mengikuti kegiatan, dan stan dari Kabupaten Magelang mendapat penghargaan sebagai stan paling menarik.

Tim dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang mengatakan bahwa sangat senang bisa mengikuti kegiatan Pameran dan Festival Bulan Merdeka Belajar apalagi bertempat di Candi Borobudur. Mereka berharap kegiatan serupa dapat dilaksanakan pada tahun-tahun berikutnya karena bisa berkumpul dengan para Guru dari berbagai Kota/Kabupaten di Jawa Tengah.

Apresiasi penghargaan yang lain, yaitu stan paling ramah diperoleh Kabupaten Banyumas, stan paling bersih diperoleh Kabupaten Wonogiri, stan paling kreatif diperoleh Kabupaten Kendal, dan stan favorit diperoleh Kabupaten Cilacap.(Giandika)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
1
Kita lagi ada Program Acara keren sekarang. Gabung yuk lewat WhatsApp!