GemilangNews,MAGELANG – Kegiatan mitigasi bencana berupa Simulasi Evakuasi Mandiri Letusan Gunung Merapi digelar oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Magelang di kawasan KRB 3, Desa Kaliurang Kecamatan Srumbung, Selasa 25/07/2023 pagi.

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka latihan evakuasi mandiri ketika terjadi Erupsi Gunung Merapi.

” Alhamdulillah kegiatan ini dapat berjalan, didukung oleh BPBD Kabupaten Magelang, Forkompimcam, Dompet Zakat, Relawan OPRB dengan peserta sekitar 250 orang,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Magelang, Edi Wasono.

Kegiatan yang dimulai pada pukul 08.00 wib langsung menuju ke desa penyangga yaitu Desa Pakunden Kecamatan Ngluwar. Di lokasi tersebut dibuat barak pengungsian dan dapur umum.

” Tadi kita libatkan semua pihak, semua masyarakat untuk membuat barak dan dapur umum termasuk dari Dharmawanita, PKK, relawan dan unsur yang lainnya,” lanjutnya.

Disampaikan Edi, kegiatan ini dilakukan untuk mengingat kembali langkah dan upaya serta penanganan ketika suatu saat terjadi erupsi Gunung Merapi yang mengharuskan masyarakat untuk melakukan pengungsian.

” Kami berharap, warga masyarakat dapat melaksanakan simulasi ini dengan sebaik-baiknya mengingat evakuasi yang akan kita lakukan adalah evakuasi mandiri,” harap Edi.(Dw)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *