GemilangNews,MAGELANG – Jalan Medangkamulan Borobudur seketika berubah menjadi lautan manusia yang antusias menikmati Borobudur Night Carnival 2023, Sabtu 02/09/2023 malam. Pagelaran yang digelar di depan Kantor Kecamatan Borobudur tersebut sukses membius ribuan masyarakat Borobudur dan sekitarnya.

Keanekaragaman budaya yang dimiliki dan ditampilkan dalam perhelatan tersebut merupakan satu anugerah yang luar biasa, sangat kaya akan sumber daya yang dimiliki serta memiliki pesan toleransi yang sangat tinggi.

” Borobudur Night Carnival ini, tidak hanya menjadi ajang perayaan saja, tetapi juga, untuk di jadikan momentum dalam memperkenalkan dan mempromosikan kebudayaan lokal kepada masyarakat luas,” kata Setda Kabupaten Magelang, Adi Waryanto saat membacakan sambutan Bupati Magelang Zaenal Arifin SIP.

Menurutnya, kegiatan ini juga dapat berperan dalam meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga keragaman budaya serta memupuk rasa saling menghormati dan toleransi antar suku dan agama.

” Harapan kami dengan adanya Borobudur Night Carnival ini, tidak hanya sebagai hiburan semata, melainkan juga, guna membangun soliditas, merekatkan kebersamaan dan kegotong royongan dalam melestarikan budaya agar tidak tergerus oleh derasnya arus globalisasi┬ádan modernisasi,” harapnya.

Endro Wijaka, Kabid Pemasaran Pariwisata Disporapar Provinsi Jateng dalam sambutannya nyampaikan jika kegiatan Borobudur Night Karnival adalah sebuah semangat untuk mengembangkan sektor pariwisata serta menjaga kelestarian seni budaya khususnya di Kabupaten Magelang.

” Event pariwisata memiliki banyak manfaat terutama dalam mengembangkan ekonomi daerah. Selain itu juga berdampak pada peningkatan sarana dan prasarana pariwisata di daerah meliputi SDM dan Atraksi Wisata,” katanya.

Dirinya mengajak, Borobudur Night Carnival agar dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan citra positif Kabupaten Magelang sebagai salah satu tujuan wisata di Indonesia.

Sementara, dalam keterangannya, Camat Borobudur Subiyanto mengatakan Kegiatan Borobudur Night Carnival diikuti oleh perwakilan kelompok dari 20 Desa di Kecamatan Borobudur ditambah dengan 12 kontingen dari instansi, sekolah maupun kelompok masyarakat.

” Kegiatan ini juga dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI Ke-78 yang diselenggarakan selama dua hari berupa Bazar UMKM, Pementasan Kesenian Tradisional dan Borobudur Night Carnival,” kata Subiyanto.

Borobudur Night Carnival 2023 menurutnya juga untuk menambah atraksi wisata budaya di Kawasan Borobudur khususnya pada malam hari.

” Beribu terimakasih kepada seluruh pihak yang sudah membantu terselenggaranya kegiatan ini,” ucapnya.

Suryanto, warga Desa Bumisegoro yang turut serta hanyut dalam kemeriahan Borobudur Night Carnival bersama anak dan istrinya mengaku puas melihat pertunjukan ini. DIrinya mengatakan pengaturan pengunjung semakin baik dilakukan oleh panitia dan penampilan peserta pawai juga semakin baik dan berkualitas.

” Hanya saja pengaturan di area sekitar panggung utama harus lebih diperketat lagi sehingga penonton yang dibelakang dapat menyaksikan dengan leluasa. Mungkin perlu dipasang pagar pembatas. Tapi secara keseluruhan, penataan Borobudur Night Carnival kali ini lebih baik daripada sebelumnya,” katanya.(Dharma)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *