Pelatihan Kuliner Khas Lokal Kawasan Merapi Merbabu Digelar Di Menara Langit Merapi, Ketep Pass

Klik Disini Untuk Share !

GemilangNews,MAGELANG – Kajian para ekonom dunia, yang memprediksi sektor ekonomi kreatif yang didalamnya mencakup usaha kuliner, akan menjadi gelombang keempat dalam perkembangan ekonomi global, setelah era ekonomi pertanian, ekonomi industri dan ekonomi informasi. Melihat potensi tersebut Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Magelang turut andil mengembangkan usaha kreatif, menjadi komoditas yang memiliki daya saing tinggi seperti usaha kuliner yang memproduksi berbagai produk kuliner.

“ Kuliner menjadi potensi dan daya Tarik sendiri bagi para wisatawan. Baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Tentunya hal ini membutuhkan perhatian semua pihak. Sehingga pelatihan ini akan memberikan pengetahuan kepada para pelaku kuliner local,” kata Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Magelang Christanti Zaenal Arifin saat memberikan sambutan dalam kegiatan Pelatihan Kuliner Khas Lokal Kawasan Merapi Merbabu di Destinasi Wisata Ketep Pass, Senin 20/03/2023.

Dirinya berharap, akan muncul pelaku kuliner ekonomi kreatif dengan inovasi baru, untuk mendongkrak perekonomian pelaku kuliner yang berbasis pada pengembangan kuliner local untuk melahirkan produk-produk dengan inovasi dan kreativitas tinggi, serta dibarengi dengan kualitas kuliner yang dihasilkan.

“Dengan pandemi ini, para perajin mau tidak mau, suka tidak suka harus memasuki pasar digital untuk menjual produknya dan transaksinya. Untuk itu pelaku kuliner harus tepat guna dan tepat harga. Tolong diperhatikan kualitas keersihan makanan,” lanjut Christanti.

Menurut Christanti, saat ini dekranasda sedang mengadakan mobil keliling dekranasda yang sedang dalam proses pengerjaan. Nantinya mobil keliling dekranasda ini akan menjadi wadah bagi para pelaku UMKM di Kabupaten Magelang dalam memasarkan hasilnya. Bahkan mobil ini bisa untuk ikut event-event sehingga pemasaran produk akan lebih luas.

Kabid Pemasaran dan Ekonomi Kreatif Disparpora Kabupaten Magelang, Zumrotun Rini saat membacakan sambutan Plt Kepala Disparpora Kabupaten Magelang berharap peserta pelatihan mampu memanfaatkan secara optimal pengetahuan dan keterampilan yang diberikan oleh para narasumber, yang merupakan para pakar dibidang kuliner di Kabupaten Magelang serta dapat memahami dan melakukan praktek secara optimal, sehingga dihasilkan produk yang menarik, sekaligus bernilai jual tinggi dalam hal pemasaran produk kuliner di Kabupaten Magelang.

” Silakan mengakses dan memanfaatkan media pemasaran yang tersedia untuk menjual produk dengan baik, sehingga akan memperluas jaringan pemasaran serta menambah pendapatan rekan-rekan pelaku usaha kuliner . Mari bersama-sama berjuang untuk menumbuhkan perekonomian Kabupaten Magelang kearah yang lebih baik, selagi kita masih diberikan kesempatan dan kemampuan,” kata Zumrotun.

Menurutnya, tujuan dari kegiatan pelatihan ini juga untuk mengoptimalkan bahan lokal sebagai kuliner khas Merapi Merbabu untuk sajian wisatawan yang berkunjung ke Destinasi.(Dharma)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *