GemilangNews,MAGELANG – Penandatanganan Nota Kesepakatan Pelayanan Literasi Statistik Dalam Peran Serta Perpustakaan antara Badan Pusat Statistik ( BPS ) sekaligus Pencanangan Desa Cinta Statistik 2024 di selenggarakan di Graha Seba Pustaka Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Magelang, Senin 03/06/2024.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Magelang berinovasi untuk lebih mendekatkan layanan kepada masyarakat melalui program Literasi Tentang Beragam Statistik kolaborasi dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Magelang, untuk membangun sistem statistik nasional serta mendayagunakan perpustakaan sebagai sumber informasi dan literasi untuk memenuhi kebutuhan pemustaka.

PJ Bupati Magelang Sepyo Achanto dalam sambutannya menyampaikan Pemerintah Kabupaten Magelang terus berkomitmen dalam upaya perbaikan tata kelola data statistik yang dihasilkan, dalam rangka mewujudkan keterpaduan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan pengendalian pembangunan daerah, dengan menyediakan data yang akurat, mutakhir, terpadu, sekaligus dapat dipertanggung jawabkan, secara terintegrasi, dan berkelanjutan, sebagaimana yang telah diamanatkan dalam Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia.

” Saya menyambut baik sekaligus mengucapkan terima kasih kepada Badan Pusat Statistik Kabupaten Magelang yang telah menginisiasi dan berkolaborasi dengan baik, dalam menyediakan pusat layanan Literasi tentang Beragam Statistik melalui Perpustakaan Daerah Kabupaten Magelang,” kata Sepyo.

Selain itu Sepyo Achanto juga menyambut baik program Desa Cinta Statistik yang dilaksanakan oleh Badan Pusat Statistik, pada tahun 2024 ini, dimana Desa Banjarnegoro Kecamatan Mertoyudan terpilih sebagai sasaran program Desa Cantik.

“Saya berharap kehadiran Lentera Statistik dan Desa Cantik, bisa membawa manfaat se-luas-luasnya bagi masyarakat Kabupaten Magelang, semakin banyak kebutuhan masyarakat akan data statistik yang terlayani,” kata Sepyo.

Sementara itu Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Magelang Toto Desanto mengatakan dalam sambutannya BPS memiliki tanggung jawab terhadap pembinaan Statistik sektoral ditingkat desa secara berkesinambungan dan komprehensif yang diwujudkan melalui Program Desa Cinta Statistik ( Desa Cantik ).

” Desa Cantik merupakan program percepatan implementasi pembinaan statistik sektoral oleh BPS yang berfokus kepada desa melalui standarisasi pengelolaan data statistik untuk menjaga kualitas dan keterbandingan data, optimalisasi pemanfaatan data statistik dalam pembangunan desa,” kata Toto.

BPS Kabupaten Magelang mulai melaksanakan pembinaan Desa Cantik pada tahun 2022 dengan desa terpilih adalah Desa Karangrejo Kecamatan Borobudur, dan dilanjutkan pada tahun 2023 dengan desa terpilih adalah Desa Mangli Kecamatan Kaliangkrik. Pada tahun 2024, kembali BPS Kabupaten Magelang akan melaksanakan pembinaan Desa Cantik dengan desa terpilih adalah Desa Banjarnegoro Kecamatan Mertoyudan.(Andien)

By Andien

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
1
Kita lagi ada Program Acara keren sekarang. Gabung yuk lewat WhatsApp!