Wisatawan Asing Mulai Datang Berwisata Di Kabupaten Magelang

GemilangNews,BOROBUDUR – Surat Edaran dari Satgas Penanganan Covid-19 No. 15/2022 yang mengizinkan Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) memasuki Indonesia tanpa karantina namun dengan syarat sudah divaksin lengkap serta negatif COVID-19 dalam pemeriksaan ulang PCR saat kedatangan memberikan angin segar pelaku wisata yang ada di Kabupaten Magelang khususnya Borobudur.

Pasalnya dalam beberapa hari terakhir ini wisatawan mancanegara sudah terlihat berdatangan mengunjungi destinasi yang ada di Kabupaten Magelang.

” Sudah dua tahun lebih ini tidak ada wisatawan dari luar negeri yang mampir atau berkunjung. Namun beberapa hari terakhir ini sudah terlihat wisatawan asing datang ke destinasi, termasuk di tempat saya,” Kata Prana Aji, pemilik Pawon Luwak Coffee Borobudur, Sabtu 09/04/2022.

Aji mengatakan, kemungkinan hal itu (kedatangan wisatawan asing) merupakan salah satu efek dari terbitnya surat edaran Satgas Penanganan Covid-19 nomor 15/2022. Magnet utama wisatawan asing untuk berkunjung ke Kabupaten Magelang menurutnya adalah Candi Borobudur.

” Jelas kalau mereka (wisatawan asing) pasti ke Candi Borobudur dulu. Baru setelah itu mampir ke destinasi di sekitarnya. Seperti hari ini, kami kedatangan tamu dari Scotlandia yang sebelumnya juga ke Candi Borobudur,” lanjutnya.

Dijelaskan Aji jika hampir seluruh wisatawan asing yang berkunjung ke tempatnya, karena faktor keunikan dari kopi luwak yang disajikannya. Mengingat biji kopi ditempatnya berasal dari biji kopi yang dimakan oleh binatang luwak yang kemudian keluar bersama kotorannya.

” Prosesnya kopi luwak ini kan unik. Wisatawan akan mendapatkan penjelasan dan keunikan cara mengolah sehingga menjadi kopi yang bisa dinikmati,” imbuhnya.

Aji juga memprediksi jika libur lebaran ini antusias masyarakat untuk memanfaatkannya sangat besar mengingat telah sekitar dua tahun lebih terkurung pandemi Covid-19. Namun dirinya sadar jika pandemi belum usai, sehingga untuk mengantisipasi lonjakan pengunjung, dirinya juga akan tetap menerapkan protokol kesehatan dengan baik di Pawon Luwak Coffee yang berlokasi satu kawasan dengan Candi Pawon.

” Libur lebaran tahun ini saya kira pengunjung akan naik. Untuk wisatawan domestik biasanya mereka uforia karena diperbolehkan mudik dan libur lebaran. Mudah-mudahan seperti itu, sehingga perekonomian juga sedikit demi sedikit akan membaik,” harapnya.(Dw)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *