Terkait SPBE, Diskominfo Kabupaten Magelang Lakukan Study Komparasi Ke Banyuwangi

GemilangNews,MAGELANG – Dinas Komunikasi dan Informatika Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kabupaten Magelang melakukan study banding ke Diskominfo Kabupaten Banyuwangi, Selasa (8/11/2022).

Study banding ini dilaksanakan untuk berbagi informasi tentang penerapan berbagai aplikasi dalam pelayanan publik, kemitraan media, infrastruktur serta tugas pokok dan fungsi lainnya.

Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Diskominfo Kabupaten Magelang, Noga Nanda Septa menjelaskan bahwa study banding ini sudah dilakukan dua kali, sebelumnya pada Diskominfo Kabupaten Sumedang.

“Jadi kunjungan Diskominfo Kabupaten Magelang ke Diskominfo Kabupaten Banyuwangi yang pertama, melihat level SPBE mereka yang secara nasional berada di urutan 2 untuk kabupaten/kota. Dan ini merupakan kunjungan kedua setelah sebelumnya ke Kabupaten Sumedang .” terang noga.

SPBE atau Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik yang lebih dikenal dengan e-government, merupakan penyelenggaraan pemerintahan yang terintegrasi dengan sistem bertujuan untuk mencapai birokrasi dan pelayanan publik yang maksimal.

“Karena membangun suatu pemerintahan tidak bisa berdisi sendiri, tetapi harus melibatkan banyak pihak” imbuhnya.

Dijelaskan Noga, diskusi yang dilakukan pada study banding kali ini berkaitan dengan komponen KIM, pendanaan, terkait publikasi, restibusi menara, terkait SPBE, dan pengelolaan data hingga pelatihan SDM.

Koordinator Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Diskominfo Kabupaten Banyuwangi, Nafi Feridian mengapresiasi kedatangan tim Diskominfo Kabupaten Magelang.

“Kami mengucapkan terimakasih, merupakan kepercayaan buat kita sehingga kita dipercaya untuk di datangi dari Diskominfo Kabupaten Magelang, Bapedda Dan Litbangda, dan bidang IKP juga. Teman-teman dari Diskominfo Kabupaten Magelang juga sangat aktif bertanya, pada intinya kita disini sama sama belajar, sama sama ingin yang terbaik bagi wilayah masing – masing,” ujarnya.

Hasil dari study banding yang dilakukan adalah adanya komitmen pimpinan yang sangat tinggi untuk Diskominfo, serta solidaritas antar SKPD untuk mendukung Diskominfo dalam menjalankan tugas dan fungsinya. (Riz)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *