Sinergikan KIM Dan LPPL, Diskominfo Jateng Gelar Pers Tour Di Kawasan Borobudur

GemilangNews,MAGELANG – Deru roda Jeep membelah kawasan Borobudur, Rabu 16/11/2022 siang. Suasana hari itu didukung dengan cuaca yang tidak terlalu panas sehingga siluet kendaraan American Jeep Type CJ7 tersebut semakin mempesona berlatar pegunungan menoreh.

Itulah sekilas gambaran hari kedua kegiatan Pers Tour yang digagas oleh Diskominfo Provinsi Jateng. Kegiatan tersebut melibatkan sebanyak 32 peserta yang berasal dari Kelompok Informasi Masyarakat dan LPPL.

” Pers tour kali ini agak berbeda dengan format sbelumnya, kalau biasanya kita isi dengan workshop kali ini kita belajar sambil tour, berkeliling di destinasi wisata di kawasan Borobudur,” kata Agung Hariyadi, SE, MMKabid Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo Provinsi Jateng.

Menurut Agung, kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari mulai tanggal 15 hingga 17 November 2022 tersebut bertujuan untuk menghidupkan kembali KIM yang ada di Jawa Tengah, mengingat sudah banyak yang mati suri. Dirinya meyakini, kekuatan LPPL dan KIM sebagai penyangga desiminasi masa depan.

” Antara KIM dan LPPL ini kalau sudah gathering kan enak, salong berbagi informasi. Sehingga nantinya akan semakin masif berita-berita positif yang tercipta,” lanjutnya.

Kabupaten Magelang sebagai pilihan untuk melaksanakan Pers Tour, disampaikan Agung karena Kabupaten ini memiliki banyak potensi yang bisa diangkat dan dikembangkan. Selain itu Borobudur sebagai magnet pariwisata yang akan terus diperjuangkan di era parekraf kali ini.

” Salah satunya kita sebut saja Omah Mbudur dengan inisiatornya Mas Noeryanto ini kan banyak membawa inspirasi bagaimana beliau dapat memberdayakan warga sekitar di sektor pariwisata dan budaya,” jelas Agung.

Selain itu menurutnya, travel patern yang ditawarkan di kawasan Borobudur sudah tertata dengan bagus, selain cuaca yang mendukung dukungan dari Pemerintah Daerah juga sangat bagus dalam hal publikasi.

Kegiatan Pers Tour tersebut dimulai dengan workshop dengan menghadirkan 3 narasumber, yakni Kusnianto Direktur LPPL Slawi FM, Bakti Yudatama dari RRI Semarang dan Sugianto (Anto Galon) dari TUK Film.

Pada hari kedua dilaksanakan Tour mengunjungi beberapa destinasi di kawasan Borobudur, sembari peserta diminta untuk membuat konten media sosial guna turut mempromosikan destinasi wisata tersebut. Pada hari ketiga acara ditutup dengan ramah tamah dan sharing pengalaman antar LPPL maupun KIM.

” Harapannya output dari kegiatan ini adalah LPPL maupun KIM dapat membuat sebuah produk atau konten yang baik, yang sesuai dengan etika jurnalistik, dan bisa saling sharing sehingga informasi positif dapat secara masif dapat tersampaikan kepada publik,” harapnya.(Dw)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *