GemilangNews,MAGELANG – Siapa yang tak kenal Nepal Van Java, wisata yang identik dengan keindahan pedesaan berlatar Gunung Sumbing di Dusun Butuh Desa Temanggung, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, yang masih menjadi primadona destinasi wisata bagi para wisatawan.

Dijuluki Nepal Van Java karena lanskap rumah penduduk Dusun Butuh yang seolah bertumpuk, sehingga memiliki suasana identik dengan pedesaan di Nepal. Kabar baiknya, Nepal Van Java akan menambah atraksi wisata yang seru yaitu Paralayang.

Lilik Setiawan Kepala Dusun sekaligus Founder Nepal Van Java mengatakan, inisiatif atraksi paralayang berawal dari menjawab komentar netizen di sosial media Wisata Nepal Van Java yang ingin berfoto seperti menggunakan Drone. Dari komentar itulah pihak pengelola Wisata Nepal Van Java akhirnya menambah fasilitas atraksi wisata paralayang yang saat ini masih dalam tahap observasi dan uji coba.

” Kami masih terus berkomunikasi dengan Senior Paralayang Indonesia terkait persiapan paralayang dan pertimbangan lokasi star take off yang saat ini sudah kami tentukan mengambil 3 tempat, Lokasi take off berada di ketinggian 1800 mdpl dari ketinggian laut, lokasi landing baru kami tentukan 2 titik, namun1 titik masih masih dalam proses” ungkap Lilik.

Hingga saat ini penyediaan Paralayang dan pelatihan bekerja sama dengan Pilot Paralayang dari Jogja, yang di uji coba 5 hingga 10 Paralayang. Dalam waktu dekat dengan melihat kondisi angin pengelola Wisata Nepal Van Java akan mengadakan Event Paralayang.

” Di Bulan September sambil melihat angin kami akan mencoba Paralayang untuk para komunitas penghobi Paralayang dulu setelah itu akan kami buka secara resmi untuk para wisatawan”, kata Lilik.
Dengan adanya penambahan fasilitas Paralayang ini, Lilik berharap apa yang menjadi kebutuhan wisata di Nepal Van Java terpenuhi tidak hanya melihat pemandangan keindahan alam saja dengan menggunakan akomodasi ojek dan Jeep. Pihak pengelola memanfaatkan kesempatan paralayang yang viral dan juga melihat hobi Paralayang yang saat ini masih menggeliat.

” Kedepannya Paralayang ini tidak hanya menyuguhkan fasilitas kepada wisatawan melihat keindahan alam, namun juga bisa memberikan kegiatan baru dan manfaat kepada masyarakat sekitar, khususnya pemuda pemuda yang akan dilatih menjadi pilot tandem paralayang selain, sehingga bisa menambah pendapatan bagi masyarakat” harap Lilik.

Sesuai target pengelola Wisata Van Java, Master Plan yang sudah disusun dalam pengembangan wisata untuk menambah kunjungan wisata dan menjadi yang terbaik di antara tempat tempat di Destinasi wisata Magelang.(Andien)

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *