Satukan Persepsi Panwascam, Bawaslu Gelar Konsolidasi

GemilangNews,MAGELANG – Bawaslu Kabupaten Magelang, gelar kegiatan Konsolidasi Pengawasan Tahapan Pemilu Bawaslu Kabupaten Magelang dan Pengawas Adhoc, Sabtu (12/11/2022) bertempat di Atria Hotel. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Komisioner Panwascam se Kabupaten Magelang.

Ketua Bawaslu Kabupaten Magelang, Habib Shaleh, mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk menyatukan persepsi dengan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam), yang akan bertugas mengawal pelaksanaan Pemilu 2024.

“Karena sebagian anggota Panwascam ada yang lama dan ada pula yang baru, maka perlunya untuk samakan persepsi terkait pengawalan tahapan Pemilu,” ucap Habib.

Sebagai narasumber pertama dalam kegiatan tersebut, Satpol PP Kabupaten Magelang MH Masrukhan, menyampaikan, Analisa Sosial yang harus diterapkan pada pengawalan tahapan Pemilu.

“Perlunya pemetaan sosial sebagai langkah mengambil kebijakan dalam pengawasan. Karena selain regulasi, permasalahan dilapangan sangat beragam, maka diperlukan kebijakan yang tepat, berdasarkan analisa sosial,” terang Masrukhan.

Narasumber kedua mantan Tenaga Ahli Komisioner Bawaslu RI TA 2017-2022, Masykurudin Hafidz, menyampaikan materi “Menguatkan Pengawasan Pemilu Partisipatif,” bertujuam agar semua Pawascam relatif sama, setara dan standar dalam persepsi pengawasan.

“Samakan pengetahuan pemilu agar Panwascam sama standarnya. Ditambah dengan pemahaman tugas Panwascam dengan baju pencegahan, pengawasan, dan penindakan,” terang Masykurudin.

Narasumber ketiga, menghadirkan Sekretaris Jenderal Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP) Kaka Suminta, menyampaikan, materi Strategi Pengawasan Kolaboratif Pemilu, yaitu pengawasan yang efektif dengan melibatkan partisipasi masyarakat.(Dw)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *