Rumah Pembuatan Pothil Terbakar Dini Hari

GemilangNews,MAGELANG – Sebuah rumah pembuatan Pothil di Kecamatan Candimulyo dilalap jago merah pagi ini, Minggu, 17/04/2022.

Peristiwa yang menghanguskan rumah pembuatan Pothil milik Musthofa tersebut terjadi sekitar pukul 01.00 dinihari di Dusun Surojoyo, Desa Surojoyo Kecamatan Candimulyo.

” Berdasarkan informasi yang kami himpun di lapangan, berawal anak pemilik rumah mendengar suara. Kemudian terlihat percikan api dari dapur,” kata Kepala Pos Wilayah Manajemen Kebakaran (WMK) Tegalrejo, Sabikis.

Damkar Kab Magelang sedang berusaha memadamkan api

Menurut Sabikis, anak pemilik rumah kemudian membangunkan ibunya. Ketika melihat di dapur, ternyata hampir sebagian besar sudah terlalap api.

” Dugaan sementara, api berasal dari bara api tungku yang belum padam sempurna. Sehingga api menyambar ke tumpukan kayu yang ada di sebelahnya,” lanjutnya.

Setelah mendapatkan laporan, menurut Sabikis, tim Damkar Kabupaten Magelang segera meluncur ke lokasi kebakaran dengan mengirimkan 3 unit mobil pompa, 2 unit tangki suplay, unit rescue, unit ambulance.

” Begitu sampai lokasi, kami dibantu relawan, yang paling terpenting adalah kita isolasi dulu apinya supaya tidak melebar ke bangunan yang lain,” jelasnya.

Sabikis menjelaskan jika kurang dari satu jam, api dapat dipadamkan dengan aman dan selamat. Sebanyak 4 rumah dan gedung sekolah berhasil diselamatkan.

” Alhamdulillah tidak terdapat korban jiwa, namun kerugian ditaksir mencapai angka 10 juta rupiah,” jelasnya.

Sabikis mengingatkan untuk selalu mengontrol kembali kondisi rumah sebelum tidur, terutama yang berkaitan dengan api seperti Kompor, Tungku, Setrika dan lain sebagainya guna mencegah terjadinya kebakaran.

” Listrik yang tidak dipakai lebih baik dimatikan. Stop kontak yang tidak dipakai mending dicabut saja dari sumber listrik,” pesannya.(Dw)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *