PMI Gelar Donor Darah Dalam Rangka HUT Kota Mungkid Ke-38

GNews,KOTA MUNGKID – Kebutuhan darah di Kabupaten Magelang mencapai 500-600 kantong setiap bulan.

Hal tersebut disampaikan oleh Dokter Pelaksana Harian PMI Kabupaten Magelang, Nurul saat melakukan kegiatan donor darah yang diselenggarakan di Lapangan Drh Soepardi dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-38 Kota Mungkid.

” Jadi tidak bisa ditentukan, apa saja golongan darahnya dibutuhkan. Yang jelas sebulan kita membutuhkan sekitar 500-600 kantong,” Katanya.

Lebih lanjut, Dr Nurul menjelaskan bahwa jenis golongan darah tidak bisa menentukan banyak sedikitnya kebutuhan yang diperlukan, namun tergantung jumlah pasien yang membutuhkan darah itu sendiri.

“Apalagi sebentar lagi kan bulan puasa. Biasanya saat bulan puasa itu seluruh PMI mengalami defisit sehingga kekurangan stok darah. Jadi saat ini tepat sekali waktunya karena minggu depan sudah menjelang puasa. Mungkin dengan adanya donor darah saat ini bisa menutup kebutuhan satu bulan ke depan,” lanjutnya

Nurul menjelaskan, melalui Surat Pemberitahuan Nomor 451/709/01.03/2022 meminta agar setiap Kepala OPD/ Kepala Bagian/ Direktur/ Pimpinan BUMD menghimbau agar mengirimkan 3 orang untuk berpartisipasi dalam kegiatan donor darah tersebut.

“Supaya apa yang menjadi tujuan kita di HUT Kota Mungkid ini tercapai. Jangan sampai disaat kami punya kegiatan donor darah seperti ini tidak ada yang hadir. Jadi diharapkan setiap instansi minimal 3 orang,” ungkapnya.

Tak hanya ASN yang berada di lingkungan Pemerintah Kabupaten Magelang saja yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan donor darah tersebut, tampak beberapa anggota Polri dan TNI pun juga turut berpartisipasi dalam kegiatan kemanusiaan tersebut.Untuk diketahui bahwa pada kegiatan donor darah hari ini telah berhasil mengumpulkan darah sebanyak 39 kantong.(Dw)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *