Pesan Merawat Keseimbangan Alam Digaungkan Dalam Kegiatan SKBM

GemilangNews,MAGELANG – Polres Magelang melakukan kegiatan pengamanan kunjungan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) pada acara Silaturahmi Keluarga Besar Muhammadiyah (SKBM) Muntilan, Minggu 31/07/2022 siang.

Dalam kegiatan tersebut Menko PMK Prof Dr Muhadjir Effendy M.A.P didampingi Bupati Magelang Zaenal Arifin SIP beserta petinggi pengurus Muhammadiyah melakukan beberapa kegiatan diantaranya adalah penanaman pohon, peresmian dan penandatanganan prasasti Gedung Pimpinan Cabang Muhammadiyah Magelang.

” Saat ini kami sedang menggalakan penanaman 10 juta pohon. Sesuai dengan yang tertuang dalam Al-Quran Surat Al Baqoroh disebutkan jika kita adalah wakil Allah di muka bumi. Jadi sudah selayaknya kita jaga baik-baik bumi ini,” kata Menko PMK Muhadjir Effendy.

Dirinya menyebutkan, dalam rangka Revolusi Mental pola pikir dan gaya hidup manusia harus berubah. Jika sebelumnya merusak, sekarang harus mampu menjadi pelopor kelestarian atau pemelihara.” Diawali dari Muhammadiyah, NU dan lain sebagainya,” tandasnya.

Selain itu, Muhadjir juga menyinggung soal perkembangan kasus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak yang terus terjadi hingga saat ini. Menurutnya, petani dan peternak yang paling merasakan dampak dari penyakit tersebut.

” Peternak kecil merasakan betul dampak dari PMK ini. Harga hewan ternak menurun, apalagi penularan PMK yang dapat melalui udara kotor. Jadi penanaman pohon ini salah satu upaya untuk membersihkan udara yang ada sehingga dapat terhindar dari penyakit,” lanjutnya.

Bahkan dirinya menyebutkan jika Indonesia telah dipilih untuk membuat sebuah kegiatan pertemuan internasional dengan melibatkan sekitar 6.000 orang untuk membahas terkait Global Warming, Efek Rumah Kaca, dan polusi akibat gas buang yang pada akhirnya menyelimuti bumi dan menimbulkan panas bumi.

” Kondisi ini jika tidak diimbangi dengan upaya penghijauan, tentu akan berdampak kepada kelangkaan pangan,” ungkapnya.

Sementara Bupati Magelang Zaenal Arifin mengucapkan terimakasih atas kunjungan dan bantuan berupa pohon yang telah diberikan. Menurut Zaenal hal tersebut merupakan kepedulian dari pemerintah pusat terkait keseimbangan alam.

” Mari kita jaga kualitas udara kita. Allah menciptakan seluruh alam semesta ini salah satunya adalah agar kita belajar iklas dan selalu menjaga alam,” kata Zaenal Arifin.

Kegiatan pengamanan berjalan dengan lancar dan aman. Sekitar pukul 14.45 wib, Menko PMK Muhadjir Effendy menuju ke Bandara YIA, Kulonprogo.(Dw)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *