Pameran Drawing Quarto Digelar Di Pawon Teh Tudung Windusari

GemilangNews,MAGELANG – Pameran Drawing Quarto digelar di Wisata Kuliner dan Alam Pawon Teh Tudung Kecamatan Windusari, Minggu 15/05/2022 sore.

Pameran tersebut diharapkan dapat meningkatkan wawasan bagi pelaku seni di Kabupaten Magelang. Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Magelang, Slamet Achmad Husein saat membuka acara tersebut.

” Menggambar dan melukis sering menjadi pertanyaan di masyarakat umum karena hasilnya sering memiliki persamaan yang sulit dibedakan, yang mana hasil menggambar dan yang mana hasil melukis,” kata Husein.

Namun menurutnya, terlepas dari perbedaan tersebut dari semuanya terdapat satu persamaanya yaitu karya seni yang memiliki estetika yang tinggi.

” Selama dua pekan, sebanyak 40-an karya drawing dari anggota GoArt akan terpajang di Pawon Teh Tudung sehingga pengunjung nantinya juga mendapatkan asupan estetis,” imbuhnya.

Yang menjadi menarik pada pameran kali ini menurut Husein adalah karena para perupa berkarya melalui goresan pensil, bolpoin, charcoal maupun crayon.

” Apabila dicermati bidang seni intisarinya adalah estetik atau keindahan, hal ini sebenarnya melekat dalam kehidupan manusia. Orang tidak dapat membuat karya seni tetapi ia memiliki sense of beauty,” jelasnya.

Melalui kegiatan Pameran Drawing Quarto tersebut Husein juga berpesan bahwa karya seni dilahirkan untuk satu tujuan, yaitu menyajikan kesan keindahan bagi penikmatnya. Bahkan Seni lukis juga mengajarkan sebuah filosofi dalam memaknai kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

” Pada sebuah lukisan kita dapati beragam warna dan corak, tetapi di tangan pelukis handal, keberagaman warna dan corak tersebut diolah sedemikian rupa, sehingga yang nampak di hadapan kita adalah sebuah keindahan,” kata Husein.

Selain itu, dirinya juga menginginkan momentum tersebut menjadi suatu kegiatan yang menghadirkan keindahan dalam keberagaman.

” Pandemi tidak boleh mengendurkan semangat, melemahkan hati, dan memasung pikiran kita untuk tetap bekerja dan berkarya. Saya percaya, sikap optimis adalah sumber energi bagi kita untuk bersama-sama bangkit dari masa-masa sulit saat ini,” pesannya.

Sementara Wasis Subroto selaku Ketua Penyelenggara menjelaskan jika kegiatan Pameran Drawing Quarto tersebut digelar dalam rangka ikut mendorong bangkitnya sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Kabupaten Magelang.

” Selain itu tentunya juga untuk memeriahkan Bulan Mei 2022 sebagai Bulan Indonesia Menggambar,” katanya.

Kegiatan yang didukung oleh Badan Otorita Borobudur (BOB) tersebut disampaikan Wasis diselenggarakan di Tujuh tempat berbeda yang tersebar di Solo, Yogyakarta dan Magelang.(Dw)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *