NIB Sangat Penting Dalam Perijinan Usaha

GemilangNews,MAGELANG – Banyak usaha mikro kecil di Kabupaten Magelang yang sudah berkembang. Namun agar tidak kalah bersaing, maka pelaku usaha harus meningkatkan kualitas pelayanan dan berinovasi menghadapi perkembangan jaman dan legalitas tempat usaha, salah satunya dengan mengurus perizinan berusaha.

Hal tersebut disampaikan oleh Camat Mungkid, Syiha Bidin Ashodiqi, saat memberikan sambutan dalam acara kegiatan bimbingan teknis/sosialisasi implementasi perizinan berusaha berbasis risiko oleh DPMPTSP Kabupaten Magelang bertempat di Aula Kecamatan Mungkid, Senin, 22/06/2022.

” Dalam PP no 5 tahun 2021 untuk bisa terapkan dalam usaha kita, selanjutnya bagi yang sudah mempunyai izin kami ucapakan terima kasih. Bagi yang belum mempunyai izin kami harapkan untuk segera mendapatkan izin,” kata Syiha Bidin.

Dirinya menyebutkan, perijinan berusaha yang dikenal dengan OSS RBA yang sebelumnya dilakukan manual, maka sekarang perizinan sudah dilakukan berbasis teknologi informasi. Untuk itu, dengan adanya regulasi terkait dengan perizinan diharapkan bisa menuju peningkatan investasi baik itu dari usaha mikro kecil.

” Produk yang dikeluarkan oleh OSS RBA adalah NIB,” lanjut Camat Mungkid.

Sementara, Gunawan, Perwakilan dari Komisi II DPRD Kabupaten Magelang menambahkan, NIB adalah sebagai awal langkah pendataan.

” Kita tahu saat ini NIB sudah dijalankan menggunakan sistem, maka usaha abal-abal tidak bisa mendapatkan NIB,” katanya.

Selain itu, Supriyadi, perwakilan OSS RBA DPMPTSP Kabupaten Magelang, menjelaskan bahwa NIB menjadi hal yang sangat penting,

” Ketika sudah mendapat izin usaha maka produk akan dilindungi oleh pemerintah. NIB sendiri dapat diproses melalui website oss.go.id karena tanda tangan yang tertera adalah tanda tangan elektronik sehingga tidak memerlukan waktu untuk meminta tanda tangan,” jelasnya.

Supriyadi juga berpesan jika mendirikan usaha harus memperhatikan lingkungan agar usaha berjalan dengan baik.(Dw)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *