Muntilan Expo Dan Festival Kesenian 2022 Digelar

GemilangNews,MAGELANG – Bupati Magelang diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Magelang, Iwan Sutiarso, S.Sos, M.Si membuka acara Muntilan Expo dan Festival Kesenian, Kamis (10/11/2022) yang diselenggarakan Komunitas Joxzin Kita dalam rangka memperingati hari pahlawan tahun 2022. Muntilan Expo dan Festival Kesenian berlangsung selama empat hari mulai tanggal 10 – 13 November 2022 di halaman Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang. Dalam sambutan yang dibacakan, Bupati Magelang mengapresiasi kegiatan tersebut.

“Saya memandang bahwa kegiatan ini merupakan bentuk peran serta dalam mendukung pengembangan serta pelestarian adat, tradisi, budaya dan kearifan lokal yang harus kita jaga bersama. Terimakasih kepada Camat Muntilan, Komunitas Joxzin Kita dan seluruh panitia yang telah menyelenggarakan kegiatan ini,” ucap Iwan.

DIsampaikannya, Muntilan Expo dan Festival Kesenian menjadi media untuk memperkenalkan potensi budaya dan UMKM yang dimiliki Kabupaten Magelang, karena tidak hanya menjadi tontonan bagi masyarakat tetapi juga sebagai ajang promosi. Lebih lanjut, Iwan menyampaikan harapan dengan adanya kegiatan ini mampu memotivasi para pelaku UMKM, seniman, budayawan dan anggota organisasi untuk terus mengembangkan kreasi dan inovasi.

“Tentu ini membuka ruang bagi masyarakat selain tau produk UMKM dan mereka membeli, maka produk UMKM terus tumbuh dan berkembang, jika sudah tumbuh dan berkembang maka lapangan pekerjaan meningkat otomatis ekonomi juga akan meningkat dan kesejahteraan masyarakat akan semakin baik,” jelasnya.

Secara terpisah, ketua panita Muntilan Expo dan Festival Kesenian Purwoko menyampaikan tujuan dari diadakannya kegiatan ini untuk membangkitkan perekonomian pelaku UMKM yang terdampak Covid-19. Sebanyak 70 stand disediakan untuk para pelaku UMKM.

“Sebenarnya antusias masyarakat cukup tinggi, tapi karena keterbatsan tempat kami hanya bisa menyediakan 70 stand dari berbagai jenis UMKM yang ada di Kabupaten Magelang diantaranya kuliner, pakaian, juga ada produk sovenir, tapi yang paling banyak memang kuliner” ujar Purwoko.

Selama empat hari kegiatan Muntilan Expo dan Festival Kesenian akan diisi rangkaian acara seperti pentas kesenian pelajar dan umum, pentas tari tradisional, pentas tari kreasi baru dan parade band, serta lomba menggambar dan mewarnai lalu pada hari terakhir kegiatan akan ditutup dengan senam aerobik.(Riz)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *