LPPL Radio Gemilang Gelar Pelatihan Jurnalistik

GemilangNews,MAGELANG – Dalam rangka peningkatan kualitas SDM penyiaran, LPPL Radio Gemilang FM mengadakan kegiatan pelatihan Jurnalistik, Senin 21/11/2022 siang di Meeting Room LPPL Radio Gemilang FM.

Kegiatan tersebut menghadirkan narasumber, Ali Subchi selaku sekretaris PWI Kabupaten Magelang dengan materi pelatihan berupa teknik penulisan berita.

” Materi penulisan berita ini menjadi penting untuk penyiar di radio. Selain bisa siaran, harapannya materi teknik penulisan ini bisa dikombinasikan dengan teknik penyiaran sehingga dapat tersampaikan dengan bahasa tutur yang baik,” kata Ali Subchi.

Dalam kesempatan itu, materi terkait 5W + 1H turut disampaikan sebagai pedoman untuk penulisan berita. Menurut Ali, penyiar yang baik hendaknya juga memahami teori jurnalistik yang nantinya dapat meningkatkan performa radio.

” Citizen Jurnalism, itu menjadi sangat penting di era sekarang. Artinya Lembaga Penyiaran Publik betul-betul dapat melibatkan publik sebagai objek maupun subjek,” lanjutnya.

Dalam pelatihan tersebut, salah satu kendala yang dihadapi oleh peserta pelatihan adalah terkait mengawali pbuatan sebuah naskah berita, serta cara menyusun secara tepat antara paragraf satu dengan yang lain.

” Selain teknik penulisan, saya juga berharap, etika jurnalistik juga dapat diterapkan didalam penyiaran radio. Sehingga materi siaran dapat selaras dengan ketentuan undang-undang penyiaran,” harapnya.(Dw)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *