Jurang Jero Fun Race Di Lereng Merapi Diikuti Ratusan Peserta

GemilangNews,MAGELANG – Kejuaraan Montain Bike bertajuk Jurang Jero Fun Race digelar di Objek Wisata Alam Jurang Jero Kecamatan Srumbung, Minggu, 31/07/2022 siang.

Kegiatan yang diprakarsai oleh Komunitas Jurang Jero Bike Park dan pegiat wisata Jurang Jero tersebut dilakukan untuk mewadahi seluruh komunitas Montain Bike (MTB) agar dapat lebih meningkatkan performa penampilan dan kelihaian mereka mengendarai sepeda MTB.

” Acara ini hanya satu hari ini saja, atau one day race yang terbagi dalam tujuh kelas kejuaraan dan satu kelas eksibisi,” kata Panitia Jurang Jero Fun Race, Noor Zain (45) sesaat setelah acara berlangsung.

Zain menjelaskan jika trek yang dipakai dalam kejuaraan kali ini menggunakan trek yang telah dibuat oleh komunitas Jurang Jero Bike Park bekerjasama dengan Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) sejak tahun 2013 silam.

” Peserta kali ini sebanyak 190 orang, berasal dari berbagai wilayah di Indonesia termasuk Papua juga ada,” lanjut Zain.

Menurutnya, acara Fun Race yang sudah diadakan ke lima kali itu kedepan dapat menjadi sebuah wadah yang positif untuk meningkatkan performa komunitas pecinta MTB dalam segi kemampuan sehingga dapat berlaga di ajang nasional maupun internasional.

” Jurang Jero Bike Park ini juga sering digunakan untuk latihan atlet-atlet nasional, bahkan timnas juga pernah berlatih disini,” jelasnya.

Sementara, Kepala Balai TNGM, Karyadi memberikan apresiasi dan dukungan penuh atas terselenggaranya kejuaraan Jurang Jero Fun Race kali ini. Menurutnya kegiatan tersebut memberikan efek domino positif terutama dalam sektor perekonomian dan pariwisata.

” Masyarakat yang jual makanan tadi juga laris, pedagang sekitar juga, selain itu juga OWA Jurang Jero dari sisi marketing juga terdongkrak dengan adanya event ini,” kata Karyadi.

Dirinya menyampaikan jika TNGM memberikan dukungan mulai dari persiapan, pelaksanaan hingga pengamanan kegiatan tersebut.

” Yang pasti, pelestarian ini menjadi wadah utama. Bagaimana alam Jurang Jero ini dapat bermanfaat dan dikelola dengan baik sehingga kelestarian alam tetap terjaga,” imbuhnya.

Karyadi menjelaskan tidak menutup kemungkina event-event lain akan diselenggarakan di OWA Jurang Jero sebatas kegiatan tersebut tidak melebihi daya dukung kapasitas tempat dan pelestarian alam sebagai semangat utama.

” Generasi muda memang perlu wadah untuk menyalurkan hobi yang positif. Nah disitu juga kita sisipkan pesan pelestarian agar kawasan Jurang Jero ini dapat terus dirasakan manfaatnya hingga anak cucu kelak,” tandasnya.(Dw)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *