HAB Ke-77, Kemenag Bertugas Sebagai Pengawal Dasar Negara Yaitu Pancasila

Klik Disini Untuk Share !

GemilangNews,KOTA MUNGKID– Peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) ke-77 dilaksanakan oleh jajaran Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Magelang di Gedung Serbaguna, Kompleks Kantor Kemenag Kabupaten Magelang, Rabu (4/1/2023). Bupati Magelang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi menghadiri acara tersebut didampingi Kepala Kemenag Kabupaten Magelang, Panut.

Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi yang membacakan sambutan Bupati Magelang menyampaikan, Kemenag harus terus tumbuh dan berkembang menjadi salah satu instansi Pemerintah yang mempunyai peran penting dan strategis dalam meningkatkan pemahaman, pengamalan ajaran agama, serta mewujudkan tatanan kehidupan beragama yang toleran dan ramah bagi semua.

“Kemenag bertugas sebagai pengawal dasar Negara yaitu Pancasila, yang di dalamnya mengandung nilai-nilai agama dan mencerminkan jati diri bangsa Indonesia” Kata Nanda.

Nanda mengatakan, selaras dengan momentum HAB ke-77 ini, potret kondisi kehidupan keagamaan di Indonesia sangat dinamis sebagai salah satu potensi besar dalam keberagaman. Oleh karena itu, Kemenag Kabupaten Magelang harus semakin memperkuat komitmen bersama dalam mempererat rasa persaudaraan dan kasih sayang serta meningkatkan tolerasi umat beragama demi mewujudkan kerukunan sesama umat beragama. Ia berharap, momentum peringatan HAB ke-77 ini Kemenag Kabupaten Magelang dapat terus berkolaborasi dan bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Magelang dalam rangka mewujudkan Kabupaten Magelang yang Sejahtera, Berdaya Saing dan Amanah (Sedaya Amanah).

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Magelang, Panut, mengatakan pihaknya mengapresiasi dan sangat berterimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Magelang dan seluruh ASN yang telah mensupport dan mendarmabaktikan tugas-tugas di Kemenag Kabupaten Magelang.

Ia menyampaikan, dalam rangkaian Peringatan HAB ke-77, jajaran Kantor Kemenag Kabupaten Magelang telah melakukan beberapa kegiatan seperti, Bakti Sosial berupa penanaman pohon dan penebaran benih ikan, serta adanya kabar gembira yaitu beberapa Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Madrasah Aliyah (MA) telah meraih prestasi di tingkat Nasional.

“Untuk di jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI) dalam bidang Keagamaan ada lomba pidato dan olahraga yang telah berhasil meraih prestasi ditingkat Nasional, dan di jenjang Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan MA meraih juara Nasional dibidang Sains,” beber, Panut.

Menurutnya, hal ini bisa menjadi motifasi bagi teman-teman Madrasah agar bisa memberikan kiprahnya terutama untuk memberikan kontribusi dalam pembangunan di Kabupaten Magelang.

Ia juga berharap kepada seluruh ASN melalui Hari Amal Bhakti ke-77 ini betul-betul bisa memberikan motifasi dan memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan sebaik-baiknya.”Sehingga nantinya kita bisa memberikan peran lebih baik dalam rangka untuk kerukunan umat untuk Indonesia hebat,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, diberikan pula piagam penghargaan pemenang kepada Penyuluh Agama Islam Fungsional (PAIF) Kabupaten Magelang kepada, Azizah Herawati dalam kategori karya tulis kreatif terbaik pada Kompetisi Anugerah Indonesia Damai yang diselenggarakan oleh Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia Tahun 2022.

Kemudian kepada, Ahmad Saefudin sebagai pemenang lomba 10 video terbaik infitasi Kampanye Cegah Stunting dan Pendekatan Agama oleh Tim percepatan penurunan Stunting Sekretariat Wakil Presiden Republik Indonesia Tahun 2022.

“Dan kepada, Muhlisun pada Forum Komunikasi Penyuluh Agama Islam (FKPAI) Kecamatan Ngablak dan Kecamatan Grabag dalam Kampanye Cegah Stunting,” paparnya.

Sumber : Prokompim Kab Magelang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *