Ditjen Perhubungan Darat Imbau Masyarakat Tidak Mudik Menggunakan Sepeda Motor

GemilangNews,NASIONAL – Masyarakat yang ingin melakukan mudik tahun 2022 ini diimbau untuk tidak mudik menggunakan sepeda motor. Apalagi sepeda motor yang kapasitas penumpangnya melebihi batas serta ditambah dengan muatan barang.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan RI, Budi Setiyadi saat memberikan keterangan dalam acara Media Briefing Kesiapan Angkutan Lebaran 2022 melalui Chanel YouTube Kementrian Perhubungan RI, Jumat 08/04/2022.

” Saya mohon, tolong kampanyekan, tolong sampaikan kalau bisa masyarakat jangan menggunakan mudik dengan menggunakan sepeda motor. Apalagi sepeda motor yang melebihi kapasitas penumpang tambah lagi dengan muatan barang, kasihan,” kata Budi

Bahkan dirinya menegaskan tidak merekomendasikan penggunaan sepeda motor untuk keperluan mudik. Namun demikian, pihaknya sudah melakukan langkah koordinasi dengan Korlantas Polri untuk melakukan manajemen pengendalian ketika mudik menggunakan sepeda motor masih dilakukan.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan RI, Budi Setiyadi, foto : Chanel YouTube Kemenhub RI

” Kita harapkan mulai sekarang kalaupun masyarakat menggunakan sepeda motor dan nanti akan menggunakan jalan nasional diharapkan jalannya sebelah kiri. Karena jalan nasional itu nanti banyak dilalui oleh kendaraan besar,” lanjutnya.

Dirinya khawatir keselamatan saat mudik menggunakan sepeda motor akan menjadi taruhan. Bahkan sesuai dengan arahan Menteri Perhubungan pihaknya akan menyediakan program mudik gratis bagi pengguna sepeda motor dengan anggaran sebesar 10 miliar rupiah. Anggaran tersebut menurut Budi, lebih kecil dibandingkan anggaran mudik gratis tahun 2019 sebesar sekitar 38 miliar.

” Masyarakat yang bisa kita angkut sekitar 10.000 orang. Pendaftarannya mulai Minggu depan dan tujuannya hanya ke Jawa Barat dan Jawa Tengah, sebagian besar kota-kota di Jawa Tengah,” jelas Budi.

Dijelaskan Budi, pendaftaran mudik gratis lebaran akan dibuka pada Sabtu, 9 April 2022 dengan tujuan 14 kota di Jawa Tengah. Sedangkan keberangkatan bus mudik gratis akan dilakukan pada 28 April 2022 mendatang.

” Untuk menampung motor yang akan dibawa pemudik, Ditjen Hubdat juga telah menyiapkan sebanyak 34 unit truk yang akan diberangkatkan menuju Purwokerto, Semarang, Yogyakarta, Solo, dan Wonogiri,” tuturnya.

Bagi masyarakat yang akan mendaftar mudik gratis 2022 dapat mendaftar secara daring dengan mengakses laman www.mudikhubdat2022.com.(Dw)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *