Cegah Longsor, Mangli Sky View Tanam Vetiver Bersama Relawan

GemilangNews,MAGELANG – Dalam rangka melestarikan alam dan mencegah terjadinya bencana longsor pengelola Mangli Sky View bersama dengan Relawan melakukan penanaman rumput Vetiver, Selasa, 19/07/2022 pagi.

Kegiatan tersebut melibatkan peserta dari BPBD Kabupaten Magelang, OPRB, Polri, Forum Merapi Merbabu Hijau (FMMH), KKN UGM, Komunitas Tangsi Lestari, Dinas Lingkungan Hidup, Perangkat Desa Mangli, warga sekitar dan wisatawan.

” Vetiver sejumlah 2000 batang ini kita tanam di pinggir jalan, lahan warga yang rawan longsor,” kata pengelola Mangli Sky View, Prasetyo.

Menurutnya selain Vetiver, juga turut ditanam sebanyak 100 buah bibit pohon aren yang ditanam di seputar Pos 1 Pendakian Gunung Merbabu.

” Kegiatan ini tentunya sangat membantu pelestarian alam dan pencegahan longsor di wilayah Desa Mangli,” lanjutnya.

Dijelaskan Prasetyo, Mangli Sky View sendiri blmemiliki konsep wisata berbasis alam dengan cara memanfaatkan dan menjaga kelestarian alam.

” Bukan tidak mungkin, kegiatan seperti ini kedepan menjadi sebuah paket wisata untuk pengunjung yang berminat dalam kegiatan pelestarian. Dimulai dari penanaman Vetiver, dan petik sayur bersama,” jelasnya.

Pras mengatakan, kegiatan tersebut juga dalam rangka menjalin silaturahmi dan hubungan yang baik dengan semua pihak yang peduli dengan kelestarian alam.

” Siapa saja yang peduli dengan pelestarian alam akan kita gandeng. Bisa pemerintah, relawan, komunitas dan siapapun itu. Selain itu juga dapat mempromosikan destinasi wisata Mangli Sky View,” tambahnya

Seperti diketahui, saat ini Mangli Sky View yang berada di Desa Mangli Kecamatan Kaliangkrik tersebut mengusung konsep pelestarian alam flora dan fauna. Selain itu juga terdapat agro sayuran dan potensi kearifan lokal.(Dw)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *