Apel Gelar Pasukan Dan Peralatan Penanggulangan Bencana Dilakukan Di Halaman Setda Kabupaten Magelang

GemilangNews,MAGELANG – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang dan Forkompimda mengadakan kegiatan apel gelar pasukan dan peralatan penanggulangan bencana Kabupaten Magelang 2022 di lapangan setda Kabupaten Magelang, Rabu (16/11/2022).

Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang, Drs. Adi Waryanto menjelaskan kegiatan ini sebagai upaya kesiapsiagaan menghadapi bencana untuk mempersiapkan personil dan peralatan dalam mengahadapi dampak bencana musim penghujan tahun 2022 sekaligus antisipasi bencana tahun 2023.

“Alhamdulillah kami sudah melihat dan menanyakan dari masing-masing komponen yang ada baik TNI, Polri, PMI dan pihak-pihak dibawah koordinasi BPBD. Alat alat yang dimiliki sudah mampu mengantisipasi kemungkinan bencana yang ada baik itu tanah longsor, angin kencang, banjir dan sebagainya di Kabupaten Magelang,” jelasnya.

Adi Waryanto menambahkan, secara geografis Kabupaten Magelang dikelilingi oleh banyak pegunungan dan perbukitan sehingga hampir semua wilayah di Kabupaten Magelang berpotensi rawan bencana baik itu tanah longsor, banjir maupun angin kencang. Untuk itu dirinya meminta kepada masyarakat untuk selalu waspada terhadap kemungkinan bencana.

“Penanggulangan pencegaha bencana ini bukan hanya tugas pemerintah, bukan hanya tugas TNI dan Polri, tapi seluruh komponen masyarakat sehingga kesiapsiagaan ini menjadi satu kesatuan komprehensif seluruh masyarakat yang ada,” harapnya.

Disampaikan Adi, ketika membacakan Sambutan Bupati Magelang, Tim yang solid dan perlengkapan yang layak akan berpengaruh terhadap penanganan bencana yang lebih baik demi optimalnya penanggulangan bencana di Kabupaten Magelang.

Sehingga kegiatan apel gelar pasukan dan peralatan penanggulangan bencana Kabupaten Magelang 2022 ini diharapkan semakin memperkuat personil dalam kesiapan penanganan serta mengantisipasi segala bentuk dampak bencana yang terjadi di Kabupaten Magelang. Sementara itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang, Edy Wasono dalam laporannya menyampaikan mengenai ketersediaan peralatan dan kendaraan operasional dalam rangka penanggulangan bencana di Kabupaten Magelang.

“Pada kesempatan ini kami melaporkan peralatan dan kendaraan operasional penanggulangan bencana yang ada yaitu truk, ambulance, alat berat dan kendaraan operasional lainnya. Serta peralatan rescue dan peralatan operasional kebencanaan lainnya.” Jelas Edy.(Riz)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *